Cari?

Komponen 1: Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan Untuk menentukan Visi, Misi dan Tujuan (5)

Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan untuk menentukan Visi, Misi dan Tujuan.

Bagaimana cara menganalisis karakteristik satuan pendidikan? Bagaimana proses mendesain visi, misi dan tujuan? Bagaimana memfasilitasi proses desain visi, misi dan tujuan satuan pendidikan? Apa fungsi Profil Pelajaran Pancasila dalam KOSP? Bagaimana proses analisis kebutuhan dalam menentukan strategi?

Proses Berpikir untuk Menganalisis Karakteristik Satuan pendidikan dan Merumuskan Visi, Misi, Tujuan

Dalam menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan, setiap komponennya dapat dikembangkan melalui proses reversibel (bolak balik) antara analisis lingkungan belajar satuan pendidikan, visi-misi satuan pendidikan, serta tujuan dan strateginya. Dalam perencanaan, penting bagi sekolah untuk mengumpulkan berbagai data untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. Informasi ini kemudian dianalisis untuk memberikan kesimpulan yang tepat bagi perencanaan yang optimal.

Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai cara yang dinilai sesuai dengan kebutuhan berproses selama hasilnya selaras antarkomponennya.

   Proses Berpikir untuk

Menganalisis karakteristik dan Merumuskan Visi, Misi, dan Tujuan (untuk SMK)

Untuk SMK visi dan misi disusun untuk lingkup sekolah, sedangkan tujuan disusun untuk lingkup program keahlian berdasarkan analisis kebutuhan dunia kerja. Dalam menyusun kurikulum satuan pendidikan, setiap komponennya dikembangkan melalui proses reversibel (bolak balik) antara analisis lingkungan belajar satuan pendidikan, visi-misi sekolah, serta tujuan dan strategi program keahlian. Dalam perencanaan, penting bagi sekolah untuk mengumpulkan berbagai data untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. Informasi ini kemudian dianalisis untuk memberikan kesimpulan yang tepat bagi perencanaan yang optimal. Setiap sekolah dan program keahlian dapat menggunakan berbagai cara yang dinilai sesuai dengan kebutuhan berproses selama hasilnya selaras antarkomponennya.

Analisis Karakteristik Satuan pendidikan

Sebelum mengembangkan kurikulum satuan pendidikan, sekolah perlu melakukan analisis karakteristik dan lingkungan belajar dengan menampung aspirasi anggota komunitas, dan menjadikan visi dan misi sebagai arahan yang disepakati oleh seluruh warga satuan pendidikan.

Prinsip-prinsip analisis lingkungan belajar:

  • Melibatkan perwakilan warga satuan pendidikan.
  • Menggunakan data-data yang diperoleh dari situasi nyata/kondisi satuan pendidikan.
  • Mengalokasikan waktu yang cukup untuk pengumpulan, pengorganisasian, analisis dan dokumentasi data.
  • Memilah informasi yang relevan dan menyimpulkan untuk mengembangkan strategi atau solusi.

 Contoh informasi yang perlu didapatkan dalam analisis lingkungan belajar satuan pendidikan:

  • Apa kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan?
  • Bagaimana peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat setempat?
  • Apa dampak dari satuan pendidikan yang sudah dapat dirasakan saat ini (baik oleh warga masyarakat maupun warga satuan pendidikan itu sendiri)?
  • Bagaimana peran satuan pendidikan dalam menyiapkan peserta didik mencapai profil Pelajar Pancasila?
  • [SMK] Apa potensi daerah dan kondisi dunia kerja yang relevan?

 Berikut adalah pilihan cara untuk mengumpulkan informasi

  • Kuesioner, dengan pertanyaan disesuaikan dengan tujuan dan sasaran yang dibutuhkan.
  • Wawancara, untuk mendapatkan data secara langsung.
  • Diskusi kelompok terpumpun (FGD) dengan mengundang perwakilan dari seluruh warga satuan pendidikan dan tokoh masyarakat.
  • Observasi
  • Rapor pendidikan, terkait mutu dan hasil belajar, kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan, mutu dan relevansi pembelajaran

Beberapa alat yang dapat digunakan untuk menganalisis informasi:

  • Analisis SWOT
  • Root Cause
  • Fish Bone

Proses Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan

Analisis lingkungan belajar




Visi - Misi - Tujuan

Analisis kebutuhan satuan pendidikan


Sumber daya alam, sosial, dan budaya

    Bagaimana mendokumentasikan semua informasi sistem, sumber daya dan fasilitas dan mitra yang ada?

    Apakah ada sumber daya dari lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan dalam proses belajar?

Sumber pendanaan

    Bagaimana proses pendanaan satuan pendidikan?

·        Bagaimana penggunaan dana ini?

Sistem dan kebijakan di daerah

    Apa saja visi, misi, dan tujuan daerah?

    Apa saja kebijakan satuan pendidikan terkait indikator?

    Apa saja perubahan sistem yang terjadi?

    Apakah ada integrasi aktivitas untuk mendukung pencapaian indikator?

Kemitraan

    Siapa saja pihak-pihak yang dapat dilibatkan untuk mendukung program satuan pendidikan? (organisasi, komunitas, tokoh, dll.)

·        Seperti apakah gambaran ideal tentang masa depan dan ingin diwujudkan oleh satuan pendidikan?

·        Bagaimana satuan pendidikan bisa mencapai gambaran ideal tersebut?

 

Review Visi Misi

·        Bagian mana yang perlu ditajamkan dalam visi dan misi?

·        Apakah perlu membuat visi dan misi baru yang lebih sesuai dengan kondisi lingkungan dan karakteristik peserta didik?

·        Apa saja prioritasnya?

 

Review Tujuan

·        Apa yang menjadi prioritas bagi satuan pendidikan (atau program keahlian untuk SMK) dalam mendukung kompetensi peserta didik?

·        Apa yang mendasari tujuan ini?

·        Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki oleh peserta didik?

    Mengapa kompetensi ini dianggap penting?

·        Apa saja keterampilan yang perlu dikuasai peserta didik?

·        Apa karakteristik individu yang ingin dibangun?

●[SMK] Jabatan pekerjaan/okupasi apa saja yang berpotensi untuk diisi oleh lulusan program keahlian ini?

Peserta didik

·        Siapa sajakah peserta didik yang ada di sekolah? Bagaimana sekolah bisa mengklasifikasi peserta didik tersebut? Berdasarkan apakah klasifikasi tersebut?

·        Dari klasifikasi tersebut, apa saja kebutuhan masing-masing kelompok? Apakah ada kelompok tertentu yang memerlukan perhatian dan pendampingan yang lebih banyak?

 

Guru dan tenaga kependidikan

·        Profil atau kompetensi guru yang diperlukan untuk pembelajaran yang optimal menuju visi-misi sekolah

·        Apa saja kelompok-kelompok guru dan tenaga kependidikan yang ada di satuan pendidikan? Apa saja kebutuhan setiap kelompok tersebut?

·        Apakah ada kelompok guru dan tenaga kependidikan yang membutuhkan bantuan/dampingan lebih banyak?

·        Apakah guru siap memfasilitasi peserta didik dengan berbagai latar belakang dan kebutuhan?

 

Sarana dan prasarana

·        Apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pembelajaran yang optimal?

·        Apakah satuan pendidikan menjadi lingkungan yang aman dan sehat (fisik dan mental) bagi warganya?

·       
Apakah satuan pendidikan memiliki perangkat yang memadai untuk menyelenggarakan pembelajaran yang optimal dan mengelola data? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelaporan Hasil Belajar

Pelaporan hasil penilaian atau asesmen dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar, yang disusun b...