Analisis Karakteristik
Satuan Pendidikan untuk menentukan Visi, Misi dan Tujuan.
Bagaimana cara menganalisis karakteristik satuan pendidikan? Bagaimana proses mendesain visi, misi dan tujuan? Bagaimana memfasilitasi proses desain visi, misi dan tujuan satuan pendidikan? Apa fungsi Profil Pelajaran Pancasila dalam KOSP? Bagaimana proses analisis kebutuhan dalam menentukan strategi?
Proses Berpikir untuk Menganalisis
Karakteristik Satuan pendidikan dan Merumuskan Visi, Misi, Tujuan
Dalam
menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan, setiap komponennya dapat
dikembangkan melalui proses reversibel
(bolak balik) antara analisis lingkungan belajar satuan pendidikan, visi-misi satuan pendidikan, serta
tujuan dan strateginya. Dalam perencanaan, penting bagi sekolah untuk mengumpulkan berbagai data untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. Informasi ini kemudian dianalisis untuk memberikan kesimpulan
yang tepat bagi perencanaan yang optimal.
Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai cara yang dinilai sesuai dengan kebutuhan berproses selama hasilnya selaras antarkomponennya.
Menganalisis karakteristik dan Merumuskan Visi, Misi, dan Tujuan (untuk SMK)
Untuk
SMK visi dan misi disusun untuk lingkup sekolah, sedangkan tujuan disusun untuk
lingkup program keahlian berdasarkan analisis kebutuhan dunia kerja.
Dalam menyusun kurikulum satuan pendidikan, setiap komponennya dikembangkan melalui proses
reversibel (bolak balik) antara analisis lingkungan belajar satuan pendidikan,
visi-misi sekolah, serta tujuan dan strategi program keahlian. Dalam
perencanaan, penting bagi sekolah untuk mengumpulkan berbagai data untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. Informasi ini kemudian dianalisis untuk memberikan kesimpulan yang tepat bagi perencanaan yang optimal. Setiap sekolah dan program keahlian dapat
menggunakan berbagai cara yang dinilai sesuai dengan kebutuhan berproses selama hasilnya selaras antarkomponennya.
Sebelum
mengembangkan kurikulum satuan pendidikan, sekolah perlu melakukan analisis
karakteristik dan lingkungan belajar dengan menampung aspirasi anggota
komunitas, dan menjadikan visi dan misi sebagai arahan yang disepakati oleh seluruh
warga satuan pendidikan.
Prinsip-prinsip analisis lingkungan belajar:
- Melibatkan perwakilan warga satuan pendidikan.
- Menggunakan data-data yang diperoleh dari situasi nyata/kondisi satuan pendidikan.
- Mengalokasikan waktu yang cukup untuk pengumpulan, pengorganisasian, analisis dan dokumentasi data.
- Memilah informasi yang relevan dan menyimpulkan untuk mengembangkan strategi atau solusi.
Contoh informasi yang perlu didapatkan dalam analisis lingkungan belajar satuan pendidikan:
- Apa kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan?
- Bagaimana peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat setempat?
- Apa dampak dari satuan pendidikan yang sudah dapat dirasakan saat ini (baik oleh warga masyarakat maupun warga satuan pendidikan itu sendiri)?
- Bagaimana peran satuan pendidikan dalam menyiapkan peserta didik mencapai profil Pelajar Pancasila?
- [SMK] Apa potensi daerah dan kondisi dunia kerja yang relevan?
Berikut adalah pilihan cara untuk mengumpulkan informasi
- Kuesioner, dengan pertanyaan disesuaikan dengan tujuan dan sasaran yang dibutuhkan.
- Wawancara, untuk mendapatkan data secara langsung.
- Diskusi kelompok terpumpun (FGD) dengan mengundang perwakilan dari seluruh warga satuan pendidikan dan tokoh masyarakat.
- Observasi
- Rapor pendidikan, terkait mutu dan hasil belajar, kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan, mutu dan relevansi pembelajaran
Beberapa alat yang dapat digunakan untuk
menganalisis informasi:
- Analisis SWOT
- Root Cause
- Fish Bone
Proses Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan
Analisis lingkungan belajar |
|
Analisis kebutuhan satuan pendidikan |
Sumber daya alam,
sosial, dan budaya ● Bagaimana mendokumentasikan semua
informasi sistem, sumber daya dan fasilitas dan mitra yang ada? ● Apakah ada sumber daya dari lingkungan
sekitar yang dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan dalam proses belajar? Sumber pendanaan ● Bagaimana proses pendanaan satuan
pendidikan? ·
Bagaimana
penggunaan dana ini? Sistem dan kebijakan di
daerah ● Apa saja visi, misi, dan tujuan daerah? ● Apa saja kebijakan satuan pendidikan
terkait indikator? ● Apa saja perubahan sistem yang terjadi? ● Apakah ada integrasi aktivitas untuk mendukung
pencapaian indikator? Kemitraan ● Siapa saja pihak-pihak yang dapat
dilibatkan untuk mendukung program satuan pendidikan? (organisasi, komunitas,
tokoh, dll.) |
·
Seperti apakah
gambaran ideal tentang masa depan dan ingin diwujudkan oleh satuan
pendidikan? ·
Bagaimana
satuan pendidikan bisa mencapai gambaran ideal tersebut? Review Visi Misi ·
Bagian mana
yang perlu ditajamkan dalam visi dan misi? ·
Apakah perlu
membuat visi dan misi baru yang lebih sesuai dengan kondisi lingkungan dan
karakteristik peserta didik? ·
Apa saja
prioritasnya? Review Tujuan ·
Apa yang
menjadi prioritas bagi satuan pendidikan (atau program keahlian untuk SMK)
dalam mendukung kompetensi peserta didik? ·
Apa yang
mendasari tujuan ini? ·
Kompetensi apa
saja yang perlu dimiliki oleh peserta didik? ● Mengapa
kompetensi ini dianggap penting? ·
Apa saja
keterampilan yang perlu dikuasai peserta didik? ·
Apa
karakteristik individu yang ingin dibangun? ●[SMK] Jabatan pekerjaan/okupasi apa
saja yang berpotensi untuk diisi oleh lulusan program keahlian ini? |
Peserta didik ·
Siapa sajakah
peserta didik yang ada di sekolah? Bagaimana sekolah bisa mengklasifikasi
peserta didik tersebut? Berdasarkan apakah klasifikasi tersebut? ·
Dari
klasifikasi tersebut, apa saja kebutuhan masing-masing kelompok? Apakah ada
kelompok tertentu yang memerlukan perhatian dan pendampingan yang lebih
banyak? Guru dan tenaga
kependidikan ·
Profil atau
kompetensi guru yang diperlukan untuk pembelajaran yang optimal menuju
visi-misi sekolah ·
Apa saja
kelompok-kelompok guru dan tenaga kependidikan yang ada di satuan pendidikan?
Apa saja kebutuhan setiap kelompok tersebut? ·
Apakah ada
kelompok guru dan tenaga kependidikan yang membutuhkan bantuan/dampingan
lebih banyak? ·
Apakah guru
siap memfasilitasi peserta didik dengan berbagai latar belakang dan
kebutuhan? Sarana dan prasarana ·
Apa saja sarana
dan prasarana yang dibutuhkan untuk pembelajaran yang optimal? ·
Apakah satuan
pendidikan menjadi lingkungan yang aman dan sehat (fisik dan mental) bagi
warganya? ·
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar